Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan dan Pengaduan Kerusakan Jalan Secara Online di Kabupaten Garut

Risfiyanisa Fasha, Dede Kurniadi, Yanti Sofiyanti

Sari


Rusaknya jalan raya menjadi masalah besar bagi sebagian orang yang setiap harinya menggunakan jalan raya. Masalah ini tentunya juga merupakan pekerjaan yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Menunggu perbaikan jalan saja tidak cukup menyelesaikan masalah rusaknya jalan. Terkadang suatu pengaduan kepada pihak yang berwajib untuk memperbaikinya juga diperlukan, agar perbaikan jalan cepat dilakukan. Namun saat ini mengadukan hal seperti itu cukup sulit, karena kurangnya media yang khusus menyediakan pengaduan jalan rusak. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media yang berfungsi untuk menyampaikan pengaduan jalan rusak yang kemudian akan menjadi sebuah informasi bagi pengguna jalan.

Dalam pembuatan sistem informasi ini, penulis bermaksud untuk membuat sebuah sistem informasi yang mudah diakses dengan efektif dan efisien oleh semua pihak. Diharapkan dengan adanya media seperti itu, para pengguna jalan dapat menghindari jalan rusak agar perjalanannya lancar serta mempermudah pekerjaan pemerintah dalam memperoleh informasi lokasi jalan rusak untuk selanjutnya dilakukan perbaikan jalan.

Model perancangan yang penulis gunakan adalah model waterfall yaitu model yang membutuhkan pendekatan sistematis dan sekuensial dalam pengembangan perangkat lunak yang biasanya disebut juga dengan classic life cycle, dimulai dari tingkat sistem dan kemajuan melalui analisis, perancangan, coding, testing dan pemeliharaan.


Referensi


Alexander F.K, Sibero. (2011). Kitab Suci Web Programing. Jakarta: Mediakom.

Carter, G.Fbonham, (2013). Geographic Information System for Geoscientists: Modelling with GIS Volume 13. USA: Elsevier.

Hamzah, Andi,. S.H. (2011). KUHP & KUHAP. Jakarta: Rineka Cipta.Asdi

Mahasatya

Hutahaean, Jeperson. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data dalam Allinil. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jogiyanto, H.M. (2008). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kustiyahningsih, Yeni., & Anamisa, Devie Rosa. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kurniadi, D. (2014). Perancangan Arsitektur Sistem E-academic dengan Konsep Kampus Digital Menggunakan Unified Software Development Process (USDP). Jurnal Wawasan Ilmiah, 5(10).

Kurniadi, D., & Mulyani, A. (2016). Implementasi Pengembangan Student Information Terminal (S-IT) Untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa. Jurnal Algoritma, 13(1).

Kurniadi, D., & Mulyani, A. (2015). Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan Elektronik Berbasis Komputer. Jurnal Wawasan Ilmiah 7(12).

Kurniadi, D. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pemilihan Kepala Desa Yang Terintegrasi Dengan SMS Gateway. Jurnal Wawasan Ilmiah 6(11).

Ladjamudin, Al-Bahra Bin. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mulyani, A., & Kurniadi, D. (2015). Analisis Penerimaan Teknologi Student Information Terminal (S-IT) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Wawasan Ilmiah, 7(12).

Oktavian, Diar Puji. (2010). Menjadi Programmer Jempolan Menggunakan PHP. Yogyakarta: Mediakom.

Prahasta, Eddy. (2009). Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta: Universitas Siliwangi.

Shalahuddin, M. dan Rossa A.S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Subhan, Mohamad. (2012). Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sutarman. (2012). Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Whitten et. Al. (2004). Design dan analisa Sistem Bibliografi ed.6. Yogyakarta: Andi Offset.

Wicaksono, Yogi. (2008). Membangun Bisnis Online dengan Mambo. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Yani, E., & Kurniadi, D. (2015). Perancangan Arsitektur Untuk Pendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Program Studi Perguruan Tinggi Menggunakan Differential Aptitude Test (DAT). Jurnal Wawasan Ilmiah, 7(12).


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.