Rancang Bangun Program Aplikasi Game Pengetahuan Teknik Sepak Bola Berbasis Android

Alwan Nul Hakim, Dede Kurniadi, Undang Indrajaya

Sari


Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran atau hiburan. Game sepak bola dibuat dengan tujuan spesifik sebagai alat pengetahuan, untuk belajar mengenal teknik sepak bola . Desainer yang membuat game harus memperhitungkan berbagai hal agar game benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan yang memainkannya. Dalam Pembuatan game ini menggunakan metode waterfall dan menggunakan pemodelan UML, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu kajian pustaka. Program aplikasi yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah Embarcadero RAD Studio Delphi XE6. Penulis berharap game ini dapat membantu pengguna mempelajari, mengetahui atau mengenal sepak bola yang dimana olahraga ini sangat di gemari oleh semua orang di dunia, dari anak-anak sampai orang dewasa.


Referensi


Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bentley, Lonnie D. & Jeffrey L. Whitten. 2009. Systems Analysis & Design for the Global Enterprise. Mc GRAW-HILL International Edition.

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Andi. Yogyakarta.

Binanto, Iwan. 2005. Konsep Dasar Program. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Dhanta, Rizky. 2009. Pengantar Ilmu Komputer. Surabaya: Indah.

Hermawan S, Stephanus. 2011.“Mudah Membuat Aplikasi Android”.Yogyakarta : Andi Offset.

Kurniadi, Dede., Fauzi, M. M., & Mulyani, Asri. 2016. Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna Berbasis Android Menggunakan Metode Ishihara. Jurnal Algoritma, 13(1).

Kurniadi, Dede. dan Mulyani, Asri., 2015. Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan Elektronik Berbasis Komputer. Jurnal Wawasan Ilmiah, 7(12).

Kurniadi, Dede., 2013. Pemrograman Borland C++ Builder 6 Revisi Ketiga. Garut. AMIK Garut.

Mulyani, Asri. dan Kurniadi, Dede., 2015. Analisis Penerimaan Teknologi Student Information Terminal (S-IT) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Wawasan Ilmiah, 7(12).

Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Bumi Aksara

Safaat, Nazruddin. 2014. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.